Friday 1 May 2015

contoh makalah tentang K.R.I. Dr. SOEHARSO



KAPAL K.R.I Dr. soeharso
Kapal Bantu rumah sakit satu-satunya di indonesia

NAMA             : JURY SETIAWAN
NOMOR          : 24
KELAS            : X TKN 1



SMKN 1 KALIPURO
TAHUN PELAJARAN 2014/2015






DAFTAR ISI


Pendahuluan………………………………………………………………………………..

Masalah……………………………………………………………………………………….

Kesimpulan………………………………………………………………………………….

Penutup………………………………………………………………………………………














Pendahuluan

Segala puji bagi ALLAH yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua,beserta bimbingannya sehingga kita mampu menyelesaikan TUGAS MAKALAH K3 ini dengan judul “K.R.I Dr.SOEHARSO Adalah kapal Bantu rumah sakit satu-satunya di Indonesia. Dan saya berterimakasih kepada segenap guru smkn 1 kalipuro yang telah mengadakan kunjungan ke kapal K.R.I Dr.SOEHARSO,dari acara ini saya mendapatkan sebuah penggalaman tentang suasana dan bagian pada kapal K.R.I Dr.SOEHARSO dan saya berterimakasih juga kepada bu SHINTA TYAS selaku guru K3 yang telah memberi tugas ini kepada saya,sehingga saya bias mengerjakan tugas ini.

Semoga makalah ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi kita semua,dan semoga dapat membantu menambah ilmu dan kecerdasan dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas.








Penulis

    
      Jury setiawan



MASALAH

                                        Hasil gambar untuk sejarah kri dr soeharso

SEJARAH AWAL K.R.I Dr.SOEHARSO

Nama awal kapal K.R.I Dr.SOEHARSO adalah K.R.I Tanjung Dalpele (972), kapal ini adalah kapal serba guna yang berfungsi sebagai kapal bantu angkut personel (BAP), kapal bantu rumah sakit (BRS) serta dapat mendaratkan dua heli jenis Super Puma.
Kapal ini diklasifikasikan sebagai kapal LPD (Landing Platform Dock). Nama Dalpele diambil dari sebuah tanjung yang terletak di pulau paling timur gugusan pulau di Provinsi Papua. Nama tanjung tersebut diabadikan sebagai nama KRI karena di tempat itu para sukarelawan yang terdiri atas putra-putri terbaik Indonesia rela mengorbankan jiwa ketika berlangsungnya operasi Komando Trikora untuk membebaskan Irian Barat. Kapal produksi Daesun Shipbuilding and Eng.Co.Ltd Pusan Korea Selatan ini tiba di Indonesia 21 September 2003.
Seiring dengan kebutuhan TNI AL secara umum dalam menjalankan tugas-tugas negara, TNI AL memesan 2 unit kapal yang menyerupai kapal ini dan telah beroperasi dan diberi nama KRI Surabaya dan KRI Makassar.
Nama dr. Soeharso diambil dari nama seorang dokter orthopedi (dokter ahli bedah tulang) yakni Prof. dr. Soeharso nama yang sama dengan nama rumah sakit orthopedi dan rehabilitasi di Solo. Ia telah banyak berjasa selama masa perjuangan kemerdekaan membantu menolong dan merehabilitasi pejuang yang mengalami cacat anggota gerak tangan dan kaki akibat peperangan.



                                   Hasil gambar untuk sejarah kri dr soeharso

Kapal KRI Dr Soeharso 990 adalah satu-satunya rumah sakit terapung milik TNI-AL satu-satunya di Indonesia dan satu-satunya pula di Asia Tenggara.
KRI Dr Soeharso 990 mempunyai panjang 122 meter, bobot saat kosong 11.394 ton, daya angkut 11.300 ton dan berkecepatan maks. 15 knot. Rumah sakit terapung dalam bentuk dok terapung memudahkan masuknya pasien ke dalam kapal dengan kapal kecil. KRI Dr Soeharso 990 terdiri dari lima lantai. Lantai dua kapal terdiri dari ruang-ruang yang merupakan bangsal dan kamar isolasi serta ruang untuk rapat para kru dan kamar-kamar kru. Lantai tiga terdiri atas fasilitas perawatan rumah sakit. Lantai empat dan lima merupakan kamar-kamar kru, ruang pertemuan dan fasilitas operasional kapal. Di atasnya lagi adalah ruang kemudi dan nakhoda.
Sebagai kapal rumah sakit telah disediakan satu ruang UGD, tiga ruang bedah, enam ruang poliklinik, 14 ruang penunjang klinik, dua ruang perawatan dengan kapasitas masing-masing 20 tempat tidur. Penempatan ruang tersebut sangat berguna untuk operasi di daerah-daerah perang. Pada saat damai kapal tersebut digunakan untuk bakti sosial.
Rumah sakit terapung ini mampu untuk melakukan berbagai aktifitas medis, baik pengobatan maupun praktik operasi besar.
Pada saat melakukan misi Surya Bhsakara Jaya bulan Desember 2008 RS terapung ini melakukan operasi pengangkatan tumor seberat 2,5 kg dari seorang pasien yang berasal dari NTT. Kapal KRI Dr Soeharso 990 mempunyai awak 75 orang awak buah kapal dan 65 staf medis yang siaga setiap saat. KRI Dr Soeharso 990 mampu menampung 40-100 pasien rawat inap. Dalam keadaan darurat, dapat menampung 400 personel dan sekitar 3.000 penumpang.
Disamping itu KRI Dr Soeharso  990 bisa berguna maksimal ketika terjadi serangan senjata kimia dan biologi di daratan. Evakuasi serta karantina bisa efektif dilakukan karena kapal bisa diisolasi di lautan. Kapal tersebut juga bisa digunakan untuk mengisolasi pasien dari penyakit menular dan berpotensi menyebabkan pandemi seperti flu burung dan flu babi. Kapal tersebut dahulu bernama KRI Tanjung Dalpele di buat di Korea Selatan dan tiba di Indonesia pada bulan September 2003 yang beroperasi sebagai kapal bantu angkut personel. Sejak tanggal 17 September 2007 kapal tersebut barganti fungsi menjadi rumah sakit terapung dan berganti nama menjadi KRI Dr Soeharso 990.




Kesimpulan

Jadi setelah kita membaca pada halaman permasalahan kita dapat menyimpulkan kalau kapal KRI Dr.SOEHARSO adalah kapal apung yang berfungsi sebagai kapal Bantu rumah sakit satu-satunya di Indonesia.



PENUTUP

Demikianlah yang dapat saya sampaikan mengenai pengalaman kunjungan kapal yang menjadi bahasan dalam makalah ini, tentunya banyak kekurangan dan kelemahan kerena terbatasnya pengetahuan kurangnya rujukan atau referensi yang kami peroleh hubungannya dengan makalah ini saya banyak berharap kepada para pembaca yang budiman memberikan kritik saran yang membangun kepada kami demi sempurnanya makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis para pembaca khusus pada penulis. Aamiin

No comments:

Post a Comment